Buah Nangka Mengandung Banyak Zat Gizi

nangka, Buah Nangka Mengandung Banyak Zat Gizi
Buah Nangka Mengandung Banyak Zat Gizi - Buah nangka merupakan salah satu buah yang umum tumbuh di daerah tropis. Selain Indonesia, negara penghasil buah nangka antara lain India, Thailand, dan Malaysia. Aromanya yang khas dan mudah melekat pada orang yang mendekatinya membuat buah ini kurang disukai. Akan tetapi, sebetulnya banyak zat gizi yang terkandung pada buah ini.

Buah nangka mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin, niacin, serta mengandung mineral seperti calcium, potassium, ferrum (zat besi), magnesium, dalam jumlah yang cukup banyak bila dibandingkan dengan berbagai nutrien lain. Beberapa manfaat nangka antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Nangka mampu membantu menyembuhkan borok lambung dan serat nangka sangat membantu mengatasi konstipasi (susah buang air besar). Dengan demikian, buah nangka mampu ikut membantu mencegah timbulnya kanker usus besar.

2. Memperkuat sistem imun

Buah nangka adalah sumber vitamin C yang sangat baik, sebagai antioksidan yag ampuh mencegah flu dan infeksi.

3. Proteksi terhadap kanker

Buah nangka mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang membentuk proteksi tubuh melawan timbulnya kanker.

4. Menurunkan tekanan darah

Buah nangka mengandung potassium (kalium) yang penting dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan eletrolit sehingga bermanfaat positif terhadap pengaturan tekanan darah, sehingga mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

5. Membantu kesehatan indra penglihatan

Kandungan vitamin A dalam buah nangka akan membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin ini juga penting untuj menjaga kesehatan kulit dan membran mukosa (contohnya pada hidung di bagian dalam) dan meningkatkan fungsi sistem imun.

5. Peningkatan energi

Buah nangka dapat dipertimbangkan sebagai makanan penambah energi karena adanya kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Daging buahnya yang empuk, manis, dan halus dapat segera membuat kita merasa segar kembali.

Buah nangka adalah buah terbesar yang dihasilkan dari pohon. Buah nangka ini bahkan sebetulnya dapat ditambahkan pada menu sarapan, sebagai potongan kecil-kecil yang ditaburkan pada oatmeal, sehingga dapat menjadi cadangan energi yang cukup untuk sepanjang hari.

source : beritaterkinionline.com

2 comments :

draherbal mengatakan...

baru tahu ternyata buah nangka bisa mencegah kanker juga

Anonim mengatakan...

:s:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u:
Posting Komentar

 
© 2011 seojoss | Riza Zulfian